Thursday, April 17, 2014

Tugas Softskill 1


Pengantar Teknologi Game
# Scan Conversion
Scan Conversion merupakan metoda untuk memetakan titik ke dalam suatu pixel. Scan Conversion dapat dilakukan terhadap Line (garis), polygon, ataupun garis lengkung (kurva). Ada 3 buah algoritma dalam mebuat sebuah garis yaitu :
-          Algoritma DDA
-          Algoritma Bresenham
-          Algoritma Midpoint
Berikut saya akan menjelaskan pembuatan garis dengan menggunakan algoritma Bresenham. Berikut langkah – langkahnya :
  • Masukkan 2 endpoint, simpan endpoint kiri sebagai (x0,y0) dan kanan (x1,y1)
  • Hitung konstanta  dan nilai awal parameter keputusan p0=2
  • Pada setiap xk di garis, dimulai dari k=0, ujilah : Jika pk o maka plot (xk+1, yk+1) dan pk = pk+
  • Ulangi tahap 3 sampai mencapai x,y yang dituju
Algoritma Bresenham dikembangkan oleh Bresenham pada tahun 1905. Algoritma ini merupakan perbaikan dari algoritma sebelumnya tentang menggambar sebuah garis. Dalam menggambar sebuah garis kita perlu memperhatikan ketebalan garis dan tepi bentuk garis, berikut ada 3 buah contoh tepi bentuk garis
- Ugly Join        : Merupakan penggabungan dua buah garis yang memilik sudut pertemuan  menjorok kedalam.
- Bevel              : Merupakan penggabungan dua buah garis yang memilik sudut pertemuan menjorok keluar.
- Round           : Merupakan penggabungan dua buah garis dengan membentuk lengkungan.
- Miter             : Merupakan penggabungan dua buah garis yang membentuk lancip.
#Transformations
Transformation adalah suatu metoda untuk mengubah lokasi titik.Operasi-Operasi Primitive padaTransformations terbagi menjadi:
  • Scale,
  • Rotate,
  • Shear,
  • Flip,
  • Translate
Pada transformasi terdapat transformasi linier dan transformasi non-linier, berikut penjelasannya:
- transformasi linier adalah yaitu pemetaan dari satu ruang vektor ke ruang vektor yang lain yang memenuhi aksioma kelinieran. Transformasi linier banyak dipakai dalam bidang-bidang yang lain, seperti: ekonomi, fisika, keteknikan, dll. Khusus untuk informatika banyak dipakai dalam bidang citra (image).
Transformasi Non-linier adalah : transformasi linier adalah yaitu pemetaan dari satu ruang vektor ke ruang vektor yang lain dengan tidak  memenuhi aksioma kelinieran.


Kemudian ada juga Geometric Transformation dan Color Space Transformation, berikut perbedaan keduanya :
geometric transformation adalah perpindahan objek dari suatu tempat ke tempat lain dengan memperhatikan garis perbedaan dari tempat benda tersebut bergeser . Sedangkan color space transformation adalah perpindahan benda dari suatu tempat ke tempat lain dengan memperhatikan perubahan warna pada objek tesebut.
Kemudian ada istilah Koordinat Homogen (Homogeneous Coordiantes), apa itu ?? jawabannya dibawah ini :
sistem koordinat yang digunakan dalam geometri proyektif, sebagai koordinat Cartesian digunakan dalam geometri Euclidean. Mereka memiliki keuntungan koordinat titik, termasuk titik di tak terhingga, hal ini dapat direpresentasikan menggunakan koordinat terbatas. Rumus koordinat homogen sangat sederhana dan lebih simetris dari pada rumus-rumus Cartesian. Koordinat homogen memiliki berbagai aplikasi, termasuk komputer grafis dan visi komputer 3D, di mana mereka memungkinkan untuk ber transformasi affine dan, secara umum, transformasi proyektif untuk dapat dengan mudah diwakili oleh matriks.
# Proyeksi
Proyeksi merupakan salah satu jenis transformasi, yaitut ransformasi koordinat.Proyeksi pada bidang datar (planar) dilakukan melalui sinar proyeksi yang muncul dari titik pusat proyeksi melewati setiap titik dari benda dan memotong bidang proyeksi (projection plane) untuk mendapatkan benda hasil proyeksi.Proyeksi Planar (Planar Geometric Projections) dibedakanmenjadi:
  1. ProyeksiParalel.
Berdasarkan hubungan antara arah proyeksi dengan vektor normal dari bidang proyeksi, proyeksi parallel dibedakan menjadi:
1.  Orthographic Proyeksi orthographic ada yang disebutproyeksi axonometric. Proyeksi Axonometric dibedakanmenjadiproyeksi:
  • isometric
  • dimetric
  • trimetric
2. Oblique.
  1. ProyeksiPerspektif.
Perbedaan antara proyeksi parallel & perspektif adalah: pada proyeksi parallel jarak antara titik pusat proyeksi kebidang proyeksi tidak terhingga, sementara paraproyeksi perspektif jarak antara titik pusat proyeksi kebidang proyeksi bersifat infinite (tertentu).
- Proyeksi orthographic merupakan kategori dari proyeksi paralel yang memproyeksikan objek berdasarkan bidang proyeksi yang tegak lurus sehingga hasil dari proyeksi merupakan salah satu bidang dua dimensi dengan ukuran yang tetap dan sam dengan aslinya. Proyeksi ortografik yang umum dilakukan adalah proyeksi front elevation yang memiliki bidang proyeksi tegak lurus terhadap sumbu Z, top elevation yang memiliki bidang proyeksi tegak lurus terhadap sumbu Y dan side elevation yang memiliki bidang proyeksi tegak lurus terhadap sumbu X.
Manfaat terbesar dari visualisasi gambar-gambar ortografi adalah gambar terhindar dari distorsi atau berkesan timbulnya pemendekan, karena semua tampaknya selalu sejajar terhadap bidang gambar .
- Proyeksi Perspektif adalah proyeksi yang mempunyai garis proyeksi konvergen atau menuju kesatu titik pengamat. Bila obyeknya tegak lurus terhadap bidang gambar, maka akan menghasilkan perspektif satu titik lenyap. Bila obyeknya tidak tentu tegak lurus terhadap bidang gambar, maka akan menhasilkan perspektif dua titik lenyap.
Proyeksi ini disebut juga dengan proyeksi konvergen atau sentral atau juga proyeksi memusat. Dalam proyeksi ini, benda atau produk yang dijadikan objek pengamatan ditampilkan sesuai dengan apa yang dilihat oleh mata pengamat atau kamera yang dipakai untuk mengamati benda kerja tersebut. Ukuran benda yang diamati akan sangat tergantung dengan jarak pengamatan benda tersebut.
Pendapat Game Saat ini
Menurut saya game merupakan salah satu permainan yang sangat digemari tidak saja oleh anak-anak atau remaja tetapi juga oleh kalanngan orang dewasa. Game sendiri terdiri dari banyak jenis mulai dari game untuk anak-anak, game perang, game asah otak, game petualangan, game olahraga, game balapan, dan berbagai jenis game lainnya. Perkembangan game dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan zaman dan juga perkembangan ilmu teknologi.
Berikut beberapa nama game atau perangkat game yang pernah ada di antaranya : Brown Box pada tahun 1967, Odyssey pada tahun 1972, Pong pada tahun 1972, Atari 2600 pada tahun 1977, Intellivision pada tahun 1980, Spica pada tahun 1985, Megadrive, Sega Saturn pada tahun 1994, Playstation 1 pada tahun 1955, X-Box pada tahun 2001, Game Cube, dan masih banyak lagi. Perangkat game juga terus berkembang seiring zaman dan kebutuhan pecinta game yang terus menuntut adanya game-game baru yang lebih seru dan menantang.
Game pun saat ini tidak harus selalu menggunakan perangkat game yang tentunya memiliki harga yang cukup mahal. Game bisa dimainkan di berbagai jenis HP, tersedia juga software game yang bisa di pasang di computer atau laptop sehingga pecinta gme bisa memainkannya de gadget kesayangannya tanpa harus membeli perangkat game. Terlebih dengan semakin maraknya game online yang ikut maju pesat seiring semakin populernya penggunaan internet serta akses yang semakin mudah didapatkan.
Game online sendiri memiliki banyak jenis. Kelebihan dari game online adalah bisa berman dengan banyak lawan dari berbagai dunia tidak terbatas. Kelebihan itu menjadi salah satu hal yang sangat disukai pecinta game khususnya game online. Game online pun sudah banyak terdapat di berbagai situs jejaring social contohnya berbagai jenis game di jejaring social facebook. Pemilik akun bisa bermain game bersama teman-teman facebooknya.

Konsep Teknologi Game
Narrative: banyak permainan memiliki unsur-unsur naratif yang memberikan konteks untuk sebuah event pada game, membuat aktivitas bermain kurang abstrak dan meningkatkan nilai hiburan, meskipun unsur-unsur naratif yang tidak selalu jelas hadir atau hadir di semua. Tetris adalah contoh permainan tanpa narasi. Perlu dicatat bahwa beberapa narratologists mengklaim bahwa semua permainan memiliki unsur narasi. Beberapa melangkah lebih jauh dan menyatakan bahwa permainan yang pada dasarnya merupakan bentuk naratif. Narrative dalam praktiknya dapat menjadi titik awal bagi pengembangan permainan, atau alternatif yang dapat ditambahkan ke desain yang dimulai sebagai serangkaian mekanika game. Elemen Narrative dari permainan adalah aspek utama dari permainan yang digunakan dalam pemasaran, karena kemudahan yang mereka dapat terkait media non-interaktif.

Gameplay: istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan aspek desain interaktif video game. Gameplay melibatkan interaksi pemain dengan permainan, biasanya untuk tujuan hiburan, pendidikan atau pelatihan.
Interaksi : yang dilakukan dalam game adalah ketika user dapat berkomunikasi dengan user lainnya dalam waktu yang bersamaan walau tempat mengakses game tersebut berbeda. Interaksi yang dilakukan bisa saja berupa chatting pada saat bermain, atau kerja sama team dalam game tersebut, contohnya seperti game onlineAyodance, Counter-Strike (CS), ataupun Defense of the Ancients (DotA).
AI : Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Bidang yang menggunakan kecerdasan buatan selain permainan komputer (games) adalah sistem pakar, logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Game interaktif ini diupayakan tokoh-tokoh yang berada didalamnya mampu diajak bicara dengan user game tersebut. Selain itu game ini dibuat dengan tampilan 3D untuk menguatkan kesan seolah-olah pemain game benar-benar sedang berbicara dengan tokoh game. “Chatbot”, sebuah istilah untuk karakter game yang bisa diajak bicara, akan mengarahkan pemain dalam bebarapa petunjuk agar tercipta pembicaraan yang bersifat dialog seolah-olah berinteraksi dengan seseorang yang berbeda karakter.

KONSEP DASAR GAME
Ada 2 cara yang dapat digunakan dalam membuat game, yaitu :
  1. Dengan membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game ( umumnya professional game developer yang menggunakan cara ini).
  2. Dengan menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.
    Untuk membuat program sendiri tidak akan kita bahas disini karena tujuan penulisan ini adalah untuk amateur game developer , tapi sekedar pengetahuan saja, untuk membuat program sendiri kita harus memahami bahasa pemrograman , dan untuk membuat program sendiri, kita dapat menggunakan “Visual Basic”, “C++”,dll.
Software Pembuatan Game
Saat ini sudah ada banyak aplikasi untuk membuat game. Diantaranya ada juga yang Freeware (gratisan) untuk di download&install. Beberapa aplikasi yang akan kita bahasa adalah:

1. Game Maker
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan. Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll. Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini. Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana. Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker).

2. RPG MAKER(R.M)
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit. Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin . Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.

3.AGS( Adventure Game Studio)
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC. Contoh –contoh game bertipe point and click adalah: Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.

4. Macromedia Flash (Sekarang Adobe Flash)
Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini. Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
Macromedia Flash
Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game, mungkin anda dapat mencoba program
ini.
3D Game Studio
Dalam 3D Game Studio terdapat 3 program utama,yaitu:
-MED (Model Editor) – Program yang berfungsi sebagai editor model bagi 3D Game Studio
-SED (Script Editor) – Sebagai pengolah script dalam 3D Game Studio,script standar yang dipakai adalah C-Script dan Lite C.
-WED (Level Editor) – Sebagai pengolah level/area permainan bagi 3D Game Studio.
Itu adalah sedikit dari sekian banyaknya program yang dapat anda gunakan. Masih banyak program-program lainnya yang dapat anda gunakan untuk membuat game.

5. Jump Craft

Seperti aplikasi game creator yang kami bahas di sini, Jump Craft memungkinkan kita membuat game dengan mengeklik-tarik komponen game ke area pembuatan game. Ya, semudah itu. Selain itu, ada pula fasilitas untuk pemrograman sederhana, sebagai ajang tambahan untuk belajar programming.
Anda bisa mengunduh aplikasi yang kompatibel dengan Windows XP dan Vista ini dari situs resminya, sekaligus berinteraksi dengan pengguna lain untuk mendapatkan panduan dan tips pembuatan. Konsep pembuatannya menerapkan prinsip “What You See Is What You Get”, sehingga komponen dan skenario yang diterapkan di area pembuatan game akan sama dengan output yang dihasilkannya. Pembuatan game tanpa coding (pemrograman) dapat dilakukan dengan konsep sistem “Trigger” dan “Actions” yang mudah diset. Setiap obyek di game ini bisa Anda gerakkan dan interaksikan dengan cara ini.
Tak perlu bingung untuk memulainya, karena ada sampel game untuk mempelajari pengelolaan aplikasi gratis ini. Lagipula, ada forum interaksi sesama pengguna yang dapat diakses secara bebas kapan saja.

No comments:

Post a Comment